cover
Contact Name
Sahri Nova Yoga
Contact Email
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sahri.n.y@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 25500848     EISSN : 26142988     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran Bahasa.
Arjuna Subject : -
Articles 56 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018" : 56 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA LAGU Putri Juwita; Amanda Syahri Nasution
Jurnal Bahastra Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.753 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v3i1.786

Abstract

Abstrak. Dalam proses belajar mengajar tidak terlepas dari kegiatan menulis apalagi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Sebelum menulis diperlukan kecermatan dan sifat telaten dalam menunjukkan kata dan kalimat agar dipahami oleh orang lain. Menulis merupakan wujud kemahiran berbahasa yang mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia, khususnya para siswa, dengan menulis siswa dapat menuangkan segala keinginan hati, keadaan hati di saat susah dan senang, sindiran, kritikan dan lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menjelaskan keaktifan penerapan pembelajaran karangan narasi dengan media lagu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana pengkajian berdaur siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan penggunaan media lagu, banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 15 dari 35 orang siswa (52%) dengan rata-rata kelas 69,2. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus II dengan pendekatan belajar yang sama adalah 25 dari 35 orang siswa (60%) dengan rata-rata kelas 73. Hasil analisis data pada akhir siklus III dengan memaksimalkan penerapan penggunaan media lagu  beserta perbaikan dari siklus II, banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 32 dari 35 orang siswa (88%) dan rata-rata kelas 80.Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal. Kata Kunci:Kemampuan,Menulis Puisi, Media Lagu Abstract.  In the teaching and learning process can not be separated from writing activities especially in learning Indonesian language and literature. Before writing, carefulness and painstaking nature are needed in showing words and sentences to be understood by others. Writing is a form of language proficiency that has benefits for human life, especially students, by writing students can express all the desires of the heart, the state of the heart in times of difficulty and pleasure, satire, criticism and others. This research is a descriptive study that explains the active application of narrative essay learning with song media. This research is Classroom Action Research (CAR) where the study cycles cycle which consists of 4 stages: (1) planning, (2) implementation, (3) observation and (4) reflection. The results of data analysis in the first cycle after the use of song media, the number of students who achieved mastery learning was 15 out of 35 students (52%) with an average grade of 69.2. The number of students who achieved mastery learning in cycle II with the same learning approach were 25 out of 35 students (60%) with a class average of 73. The results of data analysis at the end of cycle III by maximizing the application of song media usage along with improvements from cycle II, the number of students who achieved mastery learning were 32 out of 35 students (88%) and grade 80 averages.Based on the criteria of classical learning completeness, this learning has reached the target of classical learning completeness.Keywords: Ability, Writing Poetry, Songs Media
MAKNA PUISI KETIKA BURUNG MERPATI SORE MELAYANG KARYA TAUFIK ISMAIL (KAJIAN STILISTIKA) Rerin Maulinda
Jurnal Bahastra Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (51.291 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v3i1.706

Abstract

Abstrak. Perjuangan tiada kan terhenti walau nyawa sudah kembali padaNya. Puisi Ketika Burung Merpati Terbang Sore Melayang  memiliki makna begitu luas. Setiap kata mencerminkan diksi yang tepat makna, dengan gambaran citraan sesua rasa dan asa. Sehingga setiap gaya memiliki makna dalam uraian katanya. Struktur kata yang indah dengan sehingga memberikan imajian tersendiri dalam setiap analisanya. Metode yang digunakan merupakan deskrptif kualitatif. Menjelaskan, menguraikan dan menjabarkan setiap pesan, gaya serta untaian rasa yang dimiliki penyair hingga dapat dirasakan jauh dalam lubuk pembaca. Penyair cenderung menyerahkan kepada pembaca untuk menginterpretasi sesuai dengan kemampuan masing-masing pembaca. Sebuah kebebasan dalam mengapresiasikan untuk penyair dan pembacanya. Kata Kunci : Diksi, Citraan, Gaya Bahasa dan AmanatAbstract. The struggle will not stop even though life has returned to Him. Poetry When Pigeons Fly Floating Afternoon has such a broad meaning. Each word reflects a meaningful diction, with an image of the image as it feels and desires. So that each style has meaning in his description. A beautiful word structure so that it gives its own images in each analysis. The method used is qualitative descriptive. Explain, describe and describe each message, style and string of feelings that the poet has until it can be felt deep in the reader. Poets tend to leave the reader to interpret according to the ability of each reader. A freedom to appreciate for poets and readers.Keywords: Diction, Imagery, Language Style and Mandate.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PEMAHAMAN WACANA NARASI SISWA KELAS XI SMK TAMAN SISWA MEDAN Dra. Deliani,M.Si
Jurnal Bahastra Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.253 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v3i1.701

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran “Cooperative Script” dalam pemahaman wacana narasi siswa kelas XI SMK Taman siswa Medan . Populasi terdiri dari dua kelas dengan jumlah 60 siswa. Pada penelitian ini peneliti mengambil sampel berjumlah 60 siswa dengan menggunakan Total Sampling sebanyak 60 orang dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu  kelompok kelas kontrol dan kelompok eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dan kontrol yang melibatkan perlakuan berbeda antara dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah  Post-Test yaitu pemahaman wacana narasi dengan diberikan satu tes yang berjudul “Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan Sumut Kena Dampaknya”. Dari hasil pengolahan data menggunakan rumus Test Separated Varian,  diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 73,5 dengan standar deviasi 12,1, sedangkan kelas kontrol 59,8 dengan standar deviasi 9,17. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung=6,989 selanjutnya  disesuaikan  dengan  ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk=(n1+n2-2)= (30+30) – 2 = 58. Maka diperoleh taraf signifikan 5% - 2,04. Kemudian dibandingkan antara thitung dengan ttabel yang diperoleh thitung ttabel yaitu 6,989 2,04, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha (hipotesis  alternatif) diterima yaitu menyatakan bahwa model pembelajaran Cooperative Script mempunyai pengaruh terhadap pemahaman wacana narasi dibandingkan dengan model pembelajaran bertukar pasangan pada siswa kelas XI SMK Taman Siswa .Kata Kunci : Pengaruh, Model Cooperative Script, Pemahaman Wacana Narasi.Abstract. This study aims to determine the effect of the "Cooperative Script" learning model in understanding the narrative discourse of XI grade students in Medan Park students. The population consists of two classes with a total of 60 students. In this study researchers took a sample of 60 students using a total sampling of 60 people and divided into two groups, namely the control class and the experimental group. The method used in this study is experiment and control which involves different treatments between the two classes. The instrument used is Post-Test, which is an understanding of narrative discourse by being given a test entitled "Smoke Haze Due to the Impact of North Sumatra Forest Fire Due to Impact". From the results of data processing using the Test Separated Varian formula, the average experimental class is 73.5 with a standard deviation of 12.1, while the control class is 59.8 with a standard deviation of 9.17. Thus it can be said that the value of the experimental class is higher than the control class. After testing the hypothesis obtained the value of tcount = 6.989 is then adjusted to the table at a significance level of 5% with dk = (n1 + n2-2) = (30 + 30) - 2 = 58. Then the significance level of 5% - 2.04 is obtained. Then compared between t count and t table obtained t count t table that is 6.989 2.04, so it can be concluded that Ha (alternative hypothesis) is accepted which states that Cooperative Script learning model has an influence on understanding narrative discourse compared to learning models exchanging pairs in class students XI SMK Taman Siswa. Keywords: Influence, Cooperative Script Model, Discourse Narrative  Understanding.
KOMBINASI STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI Mimi Rosadi dan Listari
Jurnal Bahastra Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.403 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v3i1.787

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi, serta untuk mengetahui kombinasi strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Target luaran penelitian ini diterbitkan ke dalam jurnal ilmiah dan prosiding. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan disain faktorial 2 x 3. Data hasil penelitian dianalisa secara statistik deskriptif dan inferensial. Sebelum tahap inferensial diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Pada tahap inferensial menggunakan analisisvarians dua jalur. Yang dilajutkan dengan uji Tukey jika terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasibelajar.Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Keterampilan                       Menulis Karangan DeskripsiAbstract.  The purpose of this study was to obtain data and information, and to find out the combination of learning strategies with learning motivation in improving description writing skills. The outputs of this research are published in scientific journals and proceedings. This research method is an experiment with 2 x 3 factorial design. The results of the research data are analyzed descriptively and inferentially. Before the inferential stage begins with a test of normality and homogeneity. In inferential stage, using a two-way variance analysis. What is continued with the Tukey test if there is an interaction between learning strategies and learning motivationKeyword: Learning Strategy, Learning Motivation, and Descriptive Prose                  Writing Skills
PENGARUH MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK PAB 3 MEDAN ESTATE Rika Kartika
Jurnal Bahastra Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.101 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v3i1.707

Abstract

Abstrak. Model Problem Centered Learning merupakan model pembelajaran yang memerlukan proses berpikir, berkomunikasi, mencari, dan mengelola data. Artinya, siswa diajak untuk mampu berpikir kreatif untuk memecahkan sebuah permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran “Problem Centered Learning” dalam menulis puisi siswa kelas X SMK PAB 3 Medan Estate. Populasi adalah siswa kelas X yang berjumlah 80 orang, sebagai total sampling sebanyak 80 orang dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu  kelompok kelas kontrol dan kelompok eksperimen. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode two group design post-test. Instrumen yang digunakan adalah esay tes atau tes tertulis yaitu menulis puisi dengan diberikan satu sub topik atau satu permasalahan. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 76,87 dengan standar deviasi 9,90, sedangkan kelas kontrol 56 dengan standar deviasi 8,15. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 10,33 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk =( n1+n2) – 2 = (40+40 – 2) = 78, maka diperoleh taraf signifikan 5% = 1,982 (dengan interpolasi). Kemudian dibandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung ttabel 10,33 1,982 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu menyatakan bahwa model Problem Centered Learning mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dibandingkan dengan model Enquiry-Discovery Learning pada siswa kelas X SMK PAB 3 Medan Estate.Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Centered Learning), Menulis puisiAbstract. Problem Centered Learning Model is the learning model is using thinking procces, communication, searching, dan collect data. The definition is student persuassed to be can think creative for resolve a problem. This research conducted to determine the effect of Problem Centered Learning on poetry writing skill student at X class SMA PAB 3 of Medan City.  The population is a class X SMA totaling 80 peoples, as the sample totally 80 peoples and has been categored in two categories as experimental class and control class. The model has be used in this research is experiment method is two group design post-test. The instrument has used  essay test or written test is writing the poetry with give one sub topic or a problem. Based on this result has an average experiment class is 76.87 with deviation standart 9.90, but control class has an average 56 with deviation standart 8.15. based on this result is the experiment class is hgher than control class. After take the hypothesis test has  tresult = 10,33 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk =( n1+n2) – 2 = (40+40 – 2) = 78, so has significant predict 5% = 1,982 (with interpolation). So changed between  tresult  with  ttable  has the result is  tresult ttable 10,33 1,982 so can be determined  Ha has accepted is can be says the Problem Centered Learning has the effect to upgrade the poetry writing skill students than Enquiry-Discovery Learning at X class SMA PAB 3 of Medan City.  Keywords: Effectivity, Problem Centered Learning, Poetry Writing Skill
PENGARUH MINAT MEMBACA KARYA SASTRA DAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN TERHADAP PRESTASI BAHASA INDONESIA PADA SMP SWASTA DI BEKASI Desi Karolina Saragih
Jurnal Bahastra Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.648 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v3i1.702

Abstract

Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat membaca karya sastra terhadap keterampilan menulis karangan cerpen pada siswa kelas IX SMP swasta Bekasi. Dari hasil analisis data untuk variabel keterampilan menulis karangan cerpen, keragaman datanya ditunjukan dengan adanya nilai variansi 39,322 dan standar deviasinya 6,271. Data dari variabel ini mempunyai nilai rata-rata sebesar 75,24, dan median 75. Maka, dapat disimpulkan keterampilan menulis karangan cepen siswa dalam kategori baik. Begitu juga untuk variabel minat membaca karya sastra, keragaman datanya ditunjukan dengan adanya nilai variansi 169,31 dan standar deviasinya13,01. Data dari variabel ini mempunyai nilai rata-rata sebesar 130,98, dan median 131. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan minat membaca karya sastra siswa dalam kategori cukup. Minat membaca karya sastra berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis karangan cerpen dengan koefisien r = 0,60. Minat membaca karya sastra menyumbang sebesar 36% terhadap variasi keterampilan menulis karangan cerpen. Hasil pengujian signifikansi diperoleh thitung (6,709) ttabel (1,99), dan hasil pengujian signifikansi regresi Fhitung (44,992) Ftabel  (3.0).Kata Kunci: Pengaruh, Minat Baca Karya Sastra, Menulis Karangan Cerpen.Abstract. The study aimed to determine the effect of interest in reading literary works on short story writing skills in class IX students of Bekasi private junior high school. From the results of data analysis for variable short story writing skills, the diversity of data is shown by the existence of variance value of 39,322 and the standard deviation of 6,271. Data from this variable has an average value of 75.24, and a median of 75. So, it can be concluded that the writing skill of students is in good category. Likewise for the variable interest in reading literature, the diversity of data is indicated by the existence of 169.31 variance and standard deviation13.01. Data from this variable has an average value of 130.98, and a median of 131. Based on these data, it can be concluded that the interest in reading students' literary works in the category is sufficient. Interest in reading literary works has a significant effect on short story writing skills with a coefficient of r = 0.60. Interest in reading literary works contributed 36% to the variety of short story writing skills. The results of significance testing obtained tcount (6.709) t table (1.99), and the results of testing the significance of regression Fcount (44.992) Ftable (3.0).Keyword: Influence, Interest in Reading Literary Works, Writing Short Stories
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KALIMAT KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL AMALIYAH Dra. Rita, M.Pd.
Jurnal Bahastra Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.239 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v3i1.708

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi oleh siswa Kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah . Sampel penelitian berjumlah 72 orang dari 72 populasi yang ada. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan data diambil dari instrumen tes dalam bentuk penugasan yaitu menulis karangan deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group only post test design. Pengolahan data diperoleh dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 79,58, standar deviasi = 7,59. Nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 71,80, standar deviasi 10,08. Dengan demikian kemampuan kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol dalam menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung = 4,175 pada taraf signifikan 5% dari daftar distribusi N = 36 maka diperoleh ttabel =1,688. Jadi, thitung ttabel, 4,175 1,688 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kalimat kosep dalam menulis karangan deskripsi. Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa Kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah .Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kalimat Konsep, Menulis Karangan Deskripsi.Abstract. This study aims to determine how the influence of the use of concept-type cooperative learning model on the ability to write a description essay by Class X students of Nurul Amaliyah Private High School. The study sample consisted of 72 people from 72 existing populations. The sample is taken from a population consisting of two classes. Data retrieval was taken from the test instrument in the form of assignments, namely writing essay descriptions. The method used in this study is an experimental method with two group only research design post test design. Data processing was obtained with the average value of the experimental group was 79.58, standard deviation = 7.59. The average value of the control group is 71.80, the standard deviation is 10.08. Thus the ability of the experimental group is higher than the control group in writing essay descriptions. Based on the test results of data analysis using the "t" test obtained t count = 4.175 at a significant level of 5% from the distribution list N = 36 then obtained t table = 1.688. So, t count t table, 4,175 1,688 then null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. That is, there is an influence of the use of cooperative sentence-type cooperative learning models in writing description essays. Based on the data above, it can be concluded that the concept type cooperative learning has a significant effect in improving the ability to write essay descriptions of Class X students of Nurul Amaliyah Private High School.Keywords: Influence, Cooperative Type Concept Sentence Learning Model, Writing Description.
TIGA PUISI TENTANG KISAH NABI NUH: KAJIAN RELIGIOSITAS DALAM PUISI Dwi Septiani
Jurnal Bahastra Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.748 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v3i1.703

Abstract

Abstrak. Penelitian ini mengkaji aspek religiositas dalam tiga puisi dari pengarang yang berbeda. Sumber data penelitian ini adalah Sapardi Djoko Damono dengan puisi “Perahu Kertas”, Subagio Sastrowardoyo dengan puisi “Kapal Nuh”, dan Sutardji Calzoum Bachri dengan puisi “Nuh”. Ketiga puisi tersebut memiliki tema yang sama—tema religuis atau berkaitan dengan ketuhanan dan keimanan—yakni kisah Nabi Nuh. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan tinjauan tema untuk mengetahui aspek religiositasnya dan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Walaupun memiliki kesamaan tema, kisah Nabi Nuh, ketiga puisi dari tiga pengarang tersebut memiliki kekhasan. Puisi “Perahu Kertas” karya Sapardi Djoko Damono lebih memilih kata yang menciptakan imaji visual dan auditif. Selain itu, secara tersirat, kisah nabi dapat dimasukkan dalam cerita dongeng. Berbeda dengan Sapardi, Subagio Sastrowardoyo dengan “Kapal Nuh” secara detail menyampaikan kisah Nabi Nuh dan tersirat pesan bahwa kasih aying Ilahi pada umat-Nya tidak akan pernah habis sampai hari akhir nanti. Dengan segala keunikan Sutardji Calzoum Bachri mengolah kata dalam puisinya, terlihat jelas pada “Nuh” bahwa Sutardji menghilangkan subjek dalam tiap liriknya. Selain hanya ada petunjuk tentang judul puisi, yakni “Nuh”, pembaca juga diberi “kebebasan” bahwa kisah yang diceritakan Sutardji dalam puisi tersebut mungkin saja terjadi pada setiap orang yang mengalami pergulatan panjang dalam mencari Tuhan.Kata Kunci: Religiositas sastra, analisis tema, puisi, kisah Nabi Nuh.Abstract. This study examines aspects of religiosity in three poems from different authors. The data source of this study was Sapardi Djoko Damono with the poem "Paper Boat", Subagio Sastrowardoyo with the poem "Noah Ship", and Sutardji Calzoum Bachri with the poem "Noah". The three poems have the same theme — a religuised theme or related to divinity and faith — namely the story of Noah. Therefore, this study was conducted with a theme review to find out the aspects of religiosity and use descriptive qualitative methods. Despite having the same theme, the story of Noah, the three poems of the three authors have peculiarities. The "Paper Boat" poem by Sapardi Djoko Damono prefers words that create visual and auditive images. In addition, implicitly, the story of the prophet can be included in fairy tales. Unlike Sapardi, Subagio Sastrowardoyo with the "Noah Ship" in detail conveyed the story of Noah and implied the message that the divine love for His people would never run out until the end of the day. With all the uniqueness of Sutardji Calzoum Bachri processing words in his poetry, it is clear in "Noah" that Sutardji removes the subject in each of the lyrics. In addition to only a hint of the title of the poem, namely "Noah", the reader is also given "freedom" that the story told by Sutardji in the poem may occur to everyone who experiences a long struggle in seeking God.Keywords: literary religiosity, theme analysis, poetry, story of Noah.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WALL CH¬¬ART TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMK PAB 6 MEDAN ESTATE Sahri Nova Yoga
Jurnal Bahastra Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.575 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v3i1.709

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Wall Chart terhadap kemampuan belajar menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMK PAB 6 Medan Estate. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-1 TKR yang berjumlah 36 orang dan  kelas X-2 TSM yang berjumlah 36 orang. Dengan menggunakan teknik sampling (sampel acak) maka diputuskan menggunakan sampel kelas X-1 TKR sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media Wall Chart dan kelas X-2 TSM dengan menggunakan media gambar/fhoto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen post-test only control group design yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan memberi perlakuan terhadap dua kelompok yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai rata-rata kemampuan menulis laporan hasil pengamatan siswa dikelas eksperimen adalah 76,25 sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol adalah 63,61. Dengan demikian nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan  uji “t” t0 di konsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% dengan dk = (N1 + N2) -2 = (30+30)-2 =58, maka diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,01%. Setelah dikonsultasikan, ternyata t0 (3,64) yang diperoleh lebh besar dari ttabel yaitu 3,642,01. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel,  maka dapat dinytakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa media Wall Chart berpengaruh positif terhadap kemampuan belajar menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMK PB 6 Medan EstateKata Kunci : Pengaruh, Media Wall Chart, Menulis Karangan                        Argumentasi.Abstract. This study aims to determine the effect of Wall Chart media on the learning ability to write argumentation for students of class X SMK PAB 6 Medan Estate. The population of this study were all students of class X-1 TKR totaling 36 people and class X-2 TSM totaling 36 people. By using a sampling technique (random sample) it was decided to use a sample class X-1 TKR as an experimental class using Wall Chart media and X-2 TSM class using image / fhoto media. The method used in this research is the experimental method. The method used in this research is the post-test only control group design experiment method which is an experiment carried out by giving treatment to two groups that differ between the experimental class and the control class. The results showed that, the average value of the ability to write reports on the observations of students in the experimental class was 76.25 while the average value of the control class students was 63.61. Thus the value of the experimental class is higher than the control class, hypothesis testing is done using the "t" test. From the calculation of the test "t" t0 consult with the table at the level of 5% with dk = (N1 + N2) -2 = (30 + 30) -2 = 58, then obtained t table at the significant level 5% = 2.01%. After being consulted, it turns out that t0 (3.64) obtained is greater than t table, which is 3.64 2.01. Because the t0 obtained is greater than t table, it can be said that Ho is rejected and Ha is accepted. This proves that the Wall Chart media has a positive effect on the ability to learn to write arguments for class X students of SMK PB 6 Medan EstateKeywords: Influence, Media Wall Chart, Writing Arguments.
PENGARUH MODEL REFLEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP PERGURUAN KRAKATAU MEDAN Nila Safina
Jurnal Bahastra Vol 3, No 1 (2018): Edisi September 2018
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.295 KB) | DOI: 10.30743/bahastra.v3i1.704

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model reflektif terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Perguruan Krakatau Medan. Sampel Penelitian adalah siswa kelas VIII -1 yang berjumlah 40 orang dan kelas VIII- 2 yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode one group pre-test post-test design.. Dari  hasil pengolahan data diperoleh penggunaan model reflektif terhadap kemampuan menulis puisi siswa dengan diadakan pengujian hipotesis diperoleh to lebih besar dari ttabel yaitu 7,042,02 terdapat pengaruh yang signifikan. Kemampuan menulis puisi siswa semakin meningkat Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model reflektif lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Karakatau Medan. Kata Kunci: Pengaruh, Model Reflektif, Menulis Karangan Deskripsi Abstract. This study aims to determine the effect of the reflective model on the ability to write poetry of the eighth grade students of Krakatau Medan College Middle School. The research sample was students of class VIII -1 totaling 40 people and class VIII-2 totaling 30 people. The method used in this study is the experimental method, that is the method of one group pre-test post-test design. From the results of data processing, it is obtained the use of reflective models on students' poetry writing ability with hypothesis testing obtained to be greater than t table, which is 7.04 2.02 there is a significant effect. Students' ability to write poetry increases. Based on the data analysis, it can be concluded that the use of reflective models has more influence on the ability to write poetry for eighth grade students of SMP Karakatau Medan.Keywords: Influence, Reflective Model, Writing Essay Description